Jumat, 20 Agustus 2010

Trik Menjaga Semangat Kerja Saat Berpuasa

MENAHAN lapar dan haus di kala berpuasa bisa membuat stamina menurun. Apalagi jika jam telah menunjukkan waktu lewat tengah hari. Tapi, jangan biarkan ibadah puasa menghambat produktivitas dan kinerja Anda. Simak sejumlah tips berikut ini agar tetap semangat bekerja meski pun sedang berpuasa.

Cukup minum
Dehidrasi bisa menyebabkan energi menurun. Saat sahur, teguk air putih sebanyak-banyaknya. Begitu pula ketika tiba waktu berbuka puasa. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum minimal delapan gelas air putih dalam sehari.

Omega-3 dan kolin
Tingkatkan energi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon ketika sahur. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak, energi, dan suasana hati. Selain itu, telur yang kaya akan kolin juga baik dikonsumsi, karena membantu meningkatkan konsentrasi.

Karbohidrat kaya serat
Konsumsi karbohidrat komplek yang tinggi serat. Serat memungkinkan karbohidrat dilepaskan lebih lambat, sehingga menyediakan energi yang berlanjut. Daripada nasi putih biasa, pilih beras merah, roti gandum atau sereal gandum utuh sebagai menu makan sahur.

Hindari makanan manis
Sebisa mungkin, hindari makanan manis olahan yang tinggi kadar gulanya. Makanan olahan tidak memberikan energi secara berkelanjutan, dan dapat berakibat pada rendahnya energi di siang hari.

Olah raga
Olah raga ringan beberapa jam sebelum berbuka puasa dianjurkan untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan gerakan senam kecil di depan meja kerja untuk melemaskan otot-otot yang kaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-